Seminar Online by me.

Pandemi ini memaksa kita untuk melakukan hal-hal yang mungkin sebelumnya belum pernah kita lakukan. Satu hal yang pasti adalah seminar online karena memang pekerjaan utama saya ada di bidang pelatihan soft skill terkhusus tentang public speaking.

Apakah beda dengan seminar offline? tentu saja berbeda, hampir 90 persen lebih bedanya. Mulai dari persiapan hingga pasca kelas berbeda semua. Tentu saja hal ini sangat menguras energi karena perbedaan yang terjadi menuntut adaptasi dengan cepat.

Lalu apa saja yang sudah saya lakukan selama masa pandemi ini, atau seminar apa saja yang sudah saya pandu selama beberapa bulan kebelakang ini.

  1. Kelas online Public Speaking pengganti kelas Offline Swaragama Training Center selama 3 hari masing-masing 2 jam, dengan diikuti oleh 6 peserta.
  2. Kelas Jago Presentasi berlangsung selama 3 hari dari tanggal 1,2,4 Juni 2020 dan diikuti sebanyak 8 orang peserta bersama Swaragama Training Center.
  3. Kelas Public Speaking, MC dan Radio Announcer bersama Cici Priskila dan juga Dito Sahanda. Kelas yang memang dibuat untuk belajar 3 hal secara bersamaan dalam satu kelas.
  4. Memandu sebagai MC untuk beberapa kelas Seminar Online UGM dengan tema RISE 1.0 bersama GIB Gama Inovasi Berdikari yang diikuti lebih dari 3000 peserta.
  5. Kelas Public Speaking dengan Teman-teman Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang berlangsung selama 3 hari dengan kurang lebih 300 mahasiswa.
  6. Kelas Kecerdasan Emosi dengan rekan-rekan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Yogyakarta, yang dilaksanakan 2 kali dalam 2 bulan bersama kurang lebih 30 peserta dari OJK Yogyakarta.
  7. Kelas Komunikasi Efektif bersama Teman-teman kelas X SMAK 5 BPK Penabur.
  8. Kelas Private Public Speaking.
  9. IG live beberapa kali dengan teman-teman berbagi tentang banyak hal.

Masih sedikit memang, dan semoga bisa membantu para sahabat yang boleh join di kelas-kelas diatas.

salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.