Design Slide Jaman Now

Hari gini buat slide presentasi masih banyak tulisan? 

Masih pula pake clip art?

Ato pun masih penuh dengan transisi dan animasi dari software nya?

Haduw, klo kamu masih model model buat presentasi diatas, siap-siap aja audience mu lebih suka liat slide mu dari pada liat kamu sebagai presenternya. Pastinya juga bukan karena desainnya yang ok, tapi mereke liat karena BACA semua tulisan di slidemu!

So, gimana cara design slide jaman now?

Text,

Berbicara tentang slide ware andalan banyak orang, yakni Power Point, dan dibaca dari namanya saja sudah menununjukan peruntukan slide dibuat, yaitu POINT. Jadi kesalahan pertama saat membuat slide adalah memindahkan seluruh isi presentasi kedalam slide yang ada. Kalau itu dilakukan, namanya bukan power point, tapi power description!

Saat banyak tulisan didalam slide kita, akan membuat audience lebih sering melihat slide (membaca slide) dari pada memperhatikan dan mendengar kita. 

Point, 

Batasi penggunaan point didalam setiap slide yang dibuat. Ada sebuah prinsip yang mengatakan bahwa 0ne slide One Message. Jadi satu slide hanya berisi 1 point. Hal itu bisa dilakukan, tetapi bukan kewajiban. Dalam arti ketika kita bisa membuat satu slide satu point itu akan lebih powerfull, kalaupun tidak juga sebernarnya tidak masalah asal jangan Kebanyakan. Kebanyakan bisa dikatakan lebih dari 4 point.

Gambar, 

Dalam slide bisa menggunakan gambar, atau Foto. Tetapi tidak harus setiap slide menggunakan gambar. Pilih gambar yang sesuai dengan resolusi yang pas dengan ukuran slide. 

Selain itu juga pilih gambar yang asli atau mendekati asli. Jangan keseringan memilih gambar kartun ataupun menggunakan clipart. Kenapa lebih disarankan menggunakan gambar asli, karena otak kita lebih bisa merefleksikan sebagai dirinya dalam gambar asli dari pada kartun.

Font,

Gunakan Font yang jelas terbaca, jangan gunakan font yang aneh-aneh dan tidak terbaca hanya demi desaign yang lebih baik. 

Gunakan minimal ukuran 24 untuk text yang dipakai.

Dalam satu file batasi penggunaan jenis font, yang ideal dalam satu file slide ada 2-3 jenis Font.

Dari pada menggunakan banyak jenis font untuk mengejar variasai, sebaiknya gunakan ukuran font untuk memberi variasi.

Warna, 

Warna yang tepat dapat membantu mempersuasi dan juga memotivasi. Studi menunjukkan bahwa penggunaan warna dapat meningkatkan minat dan meningkatkan pemahaman dan retensi belajar.

Jika Anda akan mempresentasikan di ruangan gelap (seperti aula besar), maka latar belakang gelap (biru tua, abu-abu, dll.) Dengan teks putih atau terang akan bekerja dengan baik. Tetapi jika Anda berencana untuk menjaga sebagian besar lampu menyala (yang sangat disarankan) maka latar belakang putih dengan teks hitam atau gelap bekerja jauh lebih baik. Di kamar dengan cahaya ambient yang cukup banyak, gambar layar dengan latar belakang gelap dan teks terang cenderung hilang, tetapi teks gelap pada latar belakang terang akan mempertahankan intensitas visualnya sedikit lebih baik. 

Video Audio.

Tambahkan dalam presentasi Anda file Video dan juga Audio supaya lebih menarik, tapi jangan gunakan fitur autoplay dalam video audio Anda, dalam arti harus ada “klik” dulu baru jalan. Masukan Video audio anda dalam slide presentasi, jangan diluar slide videonya.

Hanya 4% profesional yang “selalu” menggunakan video dalam presentasi.

Gunakan video untuk meningkatkan ceramah atau promosi penjualan, bukan untuk menggantikannya.

Durasi juga jangan lama, studi dari Youtube mengatakan bahwa orang rata-rata melihat sebuah video selama 4 menit 20 detik. Bahkan ada sebuah penelitian yang menunjukan jangan lebih dari 1 menit untuk membuat atensi audience tetap tinggi.

Materi ini sudah ditayangkan di www.swaragamatc.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.