Kesan Pertama Begitu Menggoda

“Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah anda”

Kata sebuah iklan, Hal ini pun juga terjadi ketika kita sedang berbicara didepan umum.  Kalau kesan pertama kita tampil gagal, so akan sangat sulit untuk bisa menjaga audience tetap fokus sampai akhir presentasi. Namun sebaliknya jika kita bisa memberikan kesan yang WOW, hal ini akan membantu audience untuk mau bersama kita sampai akhir.

Apa saja yang bisa dilakukan di dalam pembukaan presentasi supaya kesan WOW itu bisa terjadi,

  1. Penampilan
    • Penampilan dalam hal ini ngomong tentang groming kita, tentang penampilan yang terlihat diluar, gunakan rumus “1 level diatas” audience kita, dalam arti ketika audience menggunakan kaos, kita bisa gunakan kaos ber krah, mereka pake kemeja kita bisa pake kemeja lengan panjang, dan seterusnya.
  2. Awali dengan power besar
    • POWER BESAR bukan berarti Hentakan, bukan juga berarti volume keras. Tapi setiap gerakan dan suara kita harus memiliki power. Karena dengan Power, walau volume suara tidak besar namun masih terdengar bertenaga.
  3. Jangan Buru-buru
    • Ketika sampai diatas panggung, jangan buru-buru menyapa. Santai saja dulu, kasih salam, dan salamnya satu-satu, jangan langsung di brondong dengan segala salam yang ada. Berhenti sejenak maksimal 4 detik akan membuat kita lebih tenang. 
  4. Bahasa Tubuh
    • Eye contact ; lihat peserta kita, jangan buang pandangan kita kearah lain, dan gunakan pandangan yang tidak terlalu tajam.
    • Jalan dengan tegap, jangan menunduk. Bisa juga agak lari kecil dan beri senyuman yang mantab.
    • Gesture please be open. Terbuka, jangan tertutup seperti sambutan pak lurah gaya lama.
    • Bahu terbuka, supaya otak menangkap gerakan berani kita.
  5. Sapa dengan cerita Sederhana
    • Menyapa sederhana berarti di awal bisa diawali dengan hal-hal yang bersifat santai. Santuy. Bisa dengan bertanya tadi gimana perjalanan, gimana tadi ada yang kehujanan atau gak, kemarin lihat gak ada sepak bola, atau sapa dengan hal-hal yang bersifat lokal. Dalam arti kalau kita orang luar, bisa belajar beberapa kata dalam bahasa lokal.
  6. Beri Strong Statement
    • Bisa dalam bentuk data, dan cerita.
    • Intinya jangan buru-buru masuk ke isi materi, buat mereka kepo dulu dengan materi kita. 

So, besok lagi kalau akan presentasi jangan lupakan opening, jangan hanya fokus ke isi.

salam.,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.