Tips Public Speaking untuk Pemula

Kita tau bahwa kemampuan berbicara didepan umum atau Public Speaking adalah sesuatu yang penting dimiliki bagi kita yang ingin sukses dalam pekerjaan dan pendidikan kita. Namun tau saja belum cukup, kita harus mampu dan mau belajar bagaimana bisa mengkomunikasikan ide dan pemikiran kita. Kita membutuhkan tips public speaking yang simple dan aplikatif saat kita tampil didepan banyak orang.

Khususnya bagi kita yang jarang atau bahkan belum pernah berbicara didepan umum, atau kita sebagai pemula di hal public speaking ini tentu memiliki banyak ketakutan tentang bagaimana kita bisa tampil secara memukau.

Kali ini ada 5 hal tips public speaking yang aplikatif yang bisa membantu kita tampil lebih baik.

1. Maju saja

Nomor satu MAJU AJA! gak perlu banyak pikir, nyemplung dulu, ambil kesempatan dulu untuk maju kedepan. Semakin sering kita didepan, tentunya semakin kita belajar bagaimana mengendalikan emosi dan ketakutan kita. Para pembicara sukses pasti dulu memulai dengan presentasi yang berangtakan pada awalnya, namun yang membedakan dengan banyak orang adalah mereka mau mencoba berulang kali hingga menemukan titik kenyamanan dalam menyampaikan presentasi. Jika kita hanya maju sekali, mana mungkin kita bisa langsung jago. Sama seperti saat kita latihan naik sepeda, sulit sekali kita hanya berlatih sekali dan langsung bisa melaju diatas dua roda, tapi semakin sering kita berlatih dan mencoba akan semakin cepat kita bisa menguasainya.

2. Hilangkan mindset presentasi

Ini ni yang membuat kita stress sebelum tampil, mindset pikiran kita saat tampil adalah kita sedang melakukan public speaking. Coba bedakan saat atasan kita bilang, “Minggu depan kamu presentasi ya didepan teman-teman tentang progres proyek ini”, dibanding dengan “Minggu depan kamu cerita ya didepan teman-teman tentang progres proyek ini”. So besuk kalau mau mau presentasi, tanamkan dalam pikiran bukan mau presentasi tapi mau CERITA.

3. Latihan

Ini ni yang sering kelupaan saat kita mau maju kedepan. Kita melupakan faktor penting penentu kesuksesan kita didepan yakni LATIHAN. Mungkin kita mengira saat membuat slide keren, dan menghafal materi-kita sedang latihan. Padahal itu hanya bagian kecil dari latihan kita. Latihan yang baik adalah kita benar-benar mempraktekannya, praktek berdiri didepan, ngomong dari opening isi hingga clossing. Kalau ada game, bawakan juga sekalian. Latihan jangan cuma dibayangkan saja!

4. Rekam Latihan

Saat latihan jangan lupa juga sambil direkam ya, supaya setelah selesai latihan bisa dilihat sendiri bagaimana penampilan kita sendiri. APa ada yang kurang atau sudah keren. Rekam pake HP ataupun kalau tidak ada HP yang mendukung, coba latihan didepan cermin, supaya kita bisa lihat perform kita saat didepan. Merekam latihan ini juga bertujuan untuk membuat kita semakin peka dengan apa yang kita lakukan saat didepan, karena tidak jarang ada yang “kehilangan kontrol” saat kita didepan, misal ada yang tiba tiba goyang-goyang sendiri, ataupun mainan catetan atau pulpen. Dengan merekam latihan, kita bisa melihat hal-hal yang tidak kita sadari tersebut.

5. Minta Feedback

Hal terahir, pastikan ada orang yang memberi feedback atau masukan tentang perform kita saat latihan. Karena jangan sampai kita merasa latihan kita keren, tapi orang lain menganggap biasa aja atau bahkan jelek. Namun yang menjadi masalah adalah ketika kita minta pendapat teman, biasanya mereka akan menjawab OK, Bagus, Lumayan. Jarang ada yang bisa memberikan masukan secara mendalam dan detail. Kecuali memang teman kita sudah tau dan memiliki jam terbang yang tinggi ngomong didepan umum.

Ada baiknya kita ikut di kelas Public Speaking yang diadakan oleh lembaga terpercaya yang juga pengajar-pengajarnya adalah praktisi yang memang memiliki jam terbang tinggi mengajar. Swaragama Training Center bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kita yang ingin belajar Public Speaking, dengan materi yang simple dan aplikatif serta banyak dibagikan tips public speaking akan membuat setiap peserta dengan mudah menangkap isi dari materi tersebut. Selain itu, pengajar-pengajarnya adalah profesional dibidangnya, baik dilihat dari pengalaman maupun jam terbang nya. Sehingga feedback atau masukan yang diberikan akan lebih proporsional dan tentunya tidak hanya “bagus, ok, dan lumayan”

So segera daftarkan dirimu dengan menghubungi 0856 2727 323, atau line @Swaragamatc dan juga kepoin medsosnya di @swaragamaTC. Jangan lupa ada promo-promo yang menarik!

Untuk pendaftaran bulan Juli 2019 ini sudah masuk ke angkatan 126.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.