Game Buat Kita Pintar

Kemarin saat masuk kantor, liat seorang teman yang lagi asyik lihat HP di sofa kantor. Benar aja dugaan, ternyata dia lagi maen game di HPnyaa.. Bukan PUBG atau ZUMA, tapi game Township, gak ngerti juga cara maennya, yang jelas game-game tentang menanam pohon, bikin rumah, gudang, tempat pengolahan dll.. Iseng aja berhenti dan mencoba melihat dan menikmati game teman saya ini, dan sepertinya seru juga sih. Pagi dia waktunya untuk memanen bahkan menambang, sore malam waktunya menanam.

Dari melihat sekilas game itu, tiba tiba teringat pembelajaran tentang Financial Planning. Menarik lho, game ternyata bisa membuat kita belajar tentang Financial Planning. Trus hubungannya apa??

Ada beberapa hal yang bisa saya tangkap secara singkat

  1. Semua Kesenangan itu diawali dengan sebuah Proses
    • Yes kita tau bahwa semua kesenangan itu selalu diawali dengan sebuah proses, baik proses yang menyenangkan maupun proses yang tidak menyenangkan buat pelaku. Pastikan kalau kita menginginkan hasil yang besar, pastikan juga kita harus mau bayar harga di proses yang kita jalani. Seperti di Game ini, sebelum bisa memanen buah sayur ataupun hasil tambang, kita harus mau menanam dulu. Gak mungkin memanen tanpa menanam.
  2. Hasil atau pendapatan yang didapat disimpan
    • YOLO You Only Live Once banyak kita dengar dari lingkungan atau bahkan medsos kita, dan tidak sedikit yang kemudian menyalah artikan hal tersebut. Mentang-mentang cuma hidup sekali, trus pengennya seneng-seneng doang, foya-foya seperti tidak ada hari esok lagi. Dari game ini, kita bisa belajar hasil panenan yang kita dapet itu gak bisa dibuat untuk membeli barang-barang atau kesenangan yang aneh-aneh, bisanya cuman disimpan dan ditabung.
  3. PALING PENTING! Simpanan tersebut bukan dihambur-hamburkan tapi di INVESTASIKAN
    • setelah tersimpan cukup banyak hasil tabungan kita, akhirnya hasil tersebut dibelikan sesuatu yang akan menghasilkan lebih banyak, dibelikan tanaman yang lebih mahal supaya bisa menghasilkan hasil lebih mahal, atau dibelikan pabrik yang lebih besar supaya bisa menghasilkan hasil yang lebih banyak. Yang tujuannya adalah semakin lama hasilnya semakin banyak! yang akhirnya nanti pendapatan akan lebih besar dari pengeluaran.
    • Sama seperti hidup ini, banyak orang yang mengumpulkan uang hanya untuk beli barang-barang yang justru malah menghabiskan uang, bukan menambah uang. Beli mobil baru untuk bisa nampang, beli baju bagus untuk biar keliatan keren, beli Rumah biar gak ada yang menyepelekan. So, sama seperti diatas, uang yang kita dapatkan bukan hanya untuk kesenangan saja, tapi yang terpenting adalah di INVESTASIKAN menjadi hal-hal yang akan mendatangkan hasil yang lebih banyak dikemudian hari, misal beli rumah yang kemudian di koskan, atau beli mobil yang bisa di sewakan, atau bahkan mungkin bergabung di Pasar Modal mulai dari surat berharga, reksa dana ataupun saham.
    • Kalau didalam Game aja kita tau harus apakan hasil kerja kita, masa di dalam dunia nyata malah sebaliknya.

Jadi game bisa bikin kita lebih pintar kalau tau dan bisa mengambil nilai dibaliknya, bukan cuma buat happy2an aja ya… so, selamat bermain game dan berinvestasiiiii..

salam.,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.