Resolusi yang PINTAR

Resolusi PINTAR! Awal tahun baru biasanya banyak dari kita yang berbondong-bondong untuk membuat resolusi yang akan dilakukan untuk mengisi tahun 2019. Resolusi dibuat diatas kepercayaan diri bahwa sepanjang tahun 2019 apa yang sudah ditulis bisa diselesaikan, minimal dilakukan. Namun sayangnya, banyak resolusi tahun 2018 yang kemudian menjadi resolusi tahap 2 untuk tahun 2019, bukan kelanjutan 2018 tetapi karena tidak sempat sama sekali dikerjakan tahun 2018. Bahkan mungkin juga resolusi ini sudah masuk di tahap ke 3, alias sudah digaungkan sejak tahun 2017 tapi sama sekali belum tersentuh.

Apa yang salah, apakah kita nya yang malas, tidak punya waktu, tidak ada tenaga, ataupun salah ketika kita menyusunnya diawal tahun. Kalau memang jawabannya ada didiri sendiri, sudah saatnya ambil tanggung jawab dan komitmen tahun 2019 untuk segera dilakukan. Namun jika permasalahan ada di saat penyusunan, ada beberapa tips dalam menyusun resolusi tahun 2019 ini. Tips ini disebut dengan SMART, jadi kita harus smart saat menyusun resolusi tahun 2019.

Specific

Saat menyusun resolusi, point pertama yang harus diperhatikan adalah jangan menyusun resolusi yang terlalu UMUM. Tetapi susunlah tiap resolusi dengan spesifik, misal : jangan membuat resolusi tubuh makin sehat, tapi ganti jadi sarapan buah tiap pagi setelah bangun tidur. Atau jangan buat resolusi akan olah raga, tapi buat setiap 2x seminggu olah raga joging tiap pagi. Jadi spesifik artinya khusus atau detail. Selain itu lengkapi juga dengan pertanyaan 5W, misal Who – siapa yang perlu dilibatkan, What – Apa yang sebenarnya ingin dicapai, When – kapan dalam hal ini dibahas di Time Bond, Where – pertanyaan ini mungkin tidak selalu berlaku, tetapi jika ada tempat atau lokasi yang relevan disini tempatnya, Which – lihat apakah ada hambatan didalam resolusi tersebut, dan Why – alasan apa untuk resolusi ini dimasukan?

Measurable

Measureable berarti lebih mendetailkan resolusi diatas dengan menambahkan ukuran atau angka yang jelas, supaya dalam prosesnya bisa dilihat proses perkembangannya. Semisal jangan hanya buat resolusi turun berat badan, tapi jelaskan dengan spesifik dan terukur mau turun berat badan dari berapa ke berapa – misal dari 90kg ke 60kg, bahkan mau dibagian tubuh mana mau diturunkan.

Achievable

Selain Detail, lalu terukur, resolusi kita juga harus bisa “tercapai”, bukan suatu resolusi yang tidak mungkin tercapai. Lihat kondisi sekarang apa mungkin resolusi ini bisa tercapai, apakah kita sudah memiliki kemampuan atau modal yang bisa digunakan untuk mencapai resolusi tersebut. Namun jika memang kemampuan Anda belum ada, maka pertimbangkan juga cara untuk bisa menguasai kemampuan/skill tersebut.

Relevant

Relevan dalam hal ini lebih melihat apakah tujuan yang Anda buat sudah sejalan kah dengan mimpi-mimpi besar dalam hidup Anda. Buatlah resolusi-resolusi yang mendekatkan dengan mimpi-mimpi besar Anda dalam hidup. Misal mimpi besar Anda adalah menjadi seorang MC Profesional, maka buatlah resolusi-resolusi tahunan yang mendekatkan diri Anda menjadi seorang MC Pro, bukannya malah membuat resolusi yang tidak ada hubungan sama sekali dengan menjadi seorang MC Pro.

Timely

Yang terakhir dalam membuat resolusi, dan ini kadang yang membuat resolusi Anda tahun-tahun sebelumnya tidak tercapai adalah masalah tidak adanya batas waktu yang jelas dalam resolusi Anda. Sehingga saat ini pastikan setiap resolusi  Anda ada batasan waktu yang jelas kapan dimulai dan kapan diakhiri.

So, mumpung ini masih awal tahun 2019 saatnya kita membuat resolusi yang PINTAR, atau kalau Anda sudah memilikinya segera cek apakah resolusi kita sudah PINTAR atau belum.

Selamat tahun baru 2019 dan selamat berRESOLUSI.,

 

Oiya, berikut Contoh jelas apliasi SMART dalam membuat sebuah resolusi 2019 :

  • RESOLUSI : Ingin meningkatkan income
    • Spesific : Saat ini saya kerja sebagai seorang karyawan swasta dengan gaji Rp.5jt/bulan, jam kerja dari hari Senin – Jumat, waktu kosong Sabtu – Minggu. Jadi saya ingin meningkatkan income dari apa yang saya bisa kerjakan di hari Sabtu-Minggu. Salah satunya menjadi seorang Master Of Ceremony (MC Profesional) acara-acara dihari Sabtu Minggu
    • Measurable : Dalam tahun 2019 saya ingin bisa memimpin acara sebagai MC sebanyak 12kali dalam 1 tahun atau 1/bulan, dan Fee saya awal Rp. 200.000/2 jam dan akan meningkat 10% tiap bulan di tahun 2019.
    • Achievable : Menjadi seorang MC Pro bisa dilakukan karena sudah memiliki pengalaman MC-MC acara kantor, tetapi harus menambah kemampuan supaya Skill ini bisa dan pantas untuk “dijual”. Kemampuan MC ini bisa dipelajari didalam kelas MC Proffesional Swaragama Training Center, pelatihan dibagi menjadi 3 level, Basic-Advance dan Pro. Setiap level terdiri dari 6x pertemuan dan akan didampingi para pengajar yang Profesional di bidang MC, baik yang formal maupun informal. Silahkan hubungi 08562727323 atau sosial media STC di @swaragamaTC ataupun akses ke web site swaragamaTC.com.
    • Relevant : Menjadi seorang MC pro ini sangat relevan terhadap mimpi besar saya, karena salah satu mimpi saya adalah menjadi orang yang bebas menentukan waktu, atau menjadi seorang wirausaha. Sehingga ketika nantinya saya bisa menjadi seorang MC Pro, maka saya bisa menentukan kapan saya bekerja dan kapan saya bersama keluarga.
    • Timely                 : Bulan Januari mumpung ada Promo dari STC saya akan segera mendaftar kelas Basic MC Pro, dan bulan Februari saya sudah bisa menjual kemampuan saya kepada rekan saya yang mau melangsungkan resepsi pernikahan. Di Bulan Juni saya akan melanjutkan kelas MC Pro Advance untuk menambah ilmu dan kemampuan dalam saya menjadi seorang MC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.