Matamu!

iya, Matamu!

Bukan untuk menghardik, ataupun untuk berkata tidak sopan. Tapi untuk sedikit sharing tentang Eye Contact, atau tatapan mata ketika kita sedang berbicara didepan umum ataupun saat kita berkomunikasi biasa dengan orang-orang sekitar.

Eye Contact menjadi satu faktor terpenting dalam proses komunikasi, yang justru seringnya kita bermasalah didalamnya ketika ngomong didepan banyak orang. Ketika kita menatap mata orang-orang tersebut seperti mereka siap menerkam kita, so berat rasanya untuk bisa menatap lama kepada tiap orang tersebut.

Padahal ketika kita tidak menatap audience kita, hasilnya adalah audience kita juga tidak akan menatap kita, dan pasti tidak akan terjalin hubungan emosional yang dalam dengan audience. so beware dengan Matamu!

ok, langsung saja apa yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kemampuan kita dalam menatap orang lain. Ada 3 Tips yang bisa saya bagikan untuk bisa menatap dengan penuh energi. Tips itu saya sering sebut dengan E.Y.E, apa saja :

Enyahkan ketakutan kita

Hal yang pertama adalah tentang ketakutan kita memandang orang lain, so manage ketakutan tersebut menjadi sebuah keberanian untuk menatap. Kita takut karena kita berfikir tatapan mata orang lain itu menjadi bentuk intimidasi terhadap kita, padahal yang menatap dengan penuh intimidasi tersebut paling 1 diantara 100 orang, 99 orang lainnya menatap dengan penuh kehangatan kq. So kuasai ketakutanmu!

Yakin dengan tatapan kita

Yang kedua ngomongin tentang “Yakin dulu deh”. Kalau kita tidak yakin dengan tatapan kita, apalagi orang lain. Sebuah hubungan emosional yang dalam pasti dipengaruhi oleh tatapan mata yang dalam juga. So jangan separuh separuh ketika melihat lawan bicara kita, maksudnya juga bukan terus kita menatap orang tersebut dalam waktu yang lama ya..

Ekspresikan dengan tatapan

Dalam Public Speaking, Xpresi itu menjadi bagian yang penting juga dalam menyukseskan perjalanan presentasi kita. Nha, xpresi yang paling dalam itu datangnya dari Mata, karena ada ungkapan dari mata turun ke hati, bukan dari tangan ataupun dari yang lain-tapi dari Mata!

Sekali lagi temans, hati hati dengan Matamu!

salam.,

One thought on “Matamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.