Public Speaking Skill – Dinas Pariwisata Kab. Sleman

Menjadi kehormatan tersendiri ketika dipercaya sebuah organisasi kepemerintahan, karena disitu saya bisa seperti membayar hutang kepada Pemerintah. Sebuah ungkapan yang sepertinya basa-basi, tapi menurut saya memang seperti itu harusnya kita, bukan hanya pemerintah yang bisa membantu rakyat, tapi bisa juga sebaliknya.

Pada tanggal 16-17 September 2018 kami STC dipercaya oleh Dinas Pariwisata Kab. Sleman mengisi pembekalan untuk para jajaran pegawai dengan materi Public Speaking dan Master Ceremony. Saya sendiri mengisi untuk hari pertama tentang Public Speaking, dan acara yang dimulai pukul 09.00 ini berlangsung dengan sangat antusias, hal ini terlihat dari peserta yang bertahan dari awal hingga pelatihan selesai. Dibagikan 4 Tips bagaimana kita bisa menjadi seorang public speaker yang hebat, Tips ini disebut dengan MASA.

Materi : didalam mempersiapkan presentasi, tentunya kita harus mempersiapkan materinya. Baik itu berupa data fakta ataupun argumen-argumen yang mendukung presentasi kita.

Audience : setelah kita mempersiapkan materi, sebaiknya kita juga mengetahui calon audience kita. Jangan sampai salah mengidentifikasi calon audience kita. Salah identifikasi bisa berakibat fatal pada saat presentasi berlangsung.

Saya : bagian ini lebih melihat kepada persiapan diri dalam menghadapi presentasi tersebut.

Action : dan yang paling penting adalah Action! Percuma tau tanpa mau, percuma ngerti tanpa berbuat.

Berharap apa yang bisa dibagikan bisa menjadi bekal yang berharga untuk teman-teman Dinas Pariwisata kab. Sleman.

salam.,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.