Latihan Dasar Kepemimpinan SMM Yogyakarta

Berhubung saya memiliki teman baik yang sekarang mengabdikan diri sebagai seorang Guru di Sekolah Menengah Musik, drumer idolak dulu saat SMA, Ara namanya. Ibu Guru Ara ini kemudian mengundang saya untuk mengisi satu sesi tentang Public Speaking di acara LKD OSIS SMM Yogyakarta.

Acara yang berlangsung di daerah Kaliurang, dan diadakan pada tanggal 21 September 2018 ini berlansung selama kurang lebih 2 jam. 30 peserta dari teman-teman OSIS SMM mengikuti sesi dengan sangat antusias, terbukti selama sesi tidak ada yang ngantuk ataupun keluar masuk ruangan, walau diadakan malam hari dan ditambah udara dingin Kaliurang.

Hanya sedikit materi yang bisa dibagikan dalam sesi tersebu, materi yang dibagikan lebih banyak tentang kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan pada saat berbicara didepan umum untuk orang-orang yang jarang berbicara didepan umum. Salah satunya membahas tentang “gempa lokal”, yakni gerakan goyang kanan kiri ataupun maju mundur dan hal tersebut tidak disengaja dan tidak disadari, pun dibagikan tips-tips untuk mengatasi hal tersebut.

Semoga apa yang sudah dibagikan bisa menjadi bekal berharga untuk bisa diaplikasikan selama menjabat menjadi bagian dari OSIS SMM.

salam,.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.