“Public Speaking Training” Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Sudah menjadi agenda tahunan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk membekali mahasiswanya tidak hanya dengan perkuliahan biasa, tetapi UMY bersepakat untuk menambah kan bekal yang lebih lengkap untuk para mahasiswanya, ada 6 soft skill yang harus dikuasai oleh para mahasiswanya, salah satunya adalah kemampuan public speaking. Tugas untuk membekali skill Public Speaking ini diberikan kepada Swaragama Training Center, dan kali ini diwakili oleh trainer STC Gideon Surya. Pada tanggal 19 November 2017 bertempat di Gedung E lt.5 UMY diadakan seminar Public Speaking for Future Life yang dihadiri kurang lebih 300 mahasiswa Hubungan Internasional UMY. Kelas dibagi menjadi 2 sesi karena keterbatasan tempat, sesi 1 berlangsung dari pukul 08-11 sedangkan sesi siang diadakan pada pukul 13-16.

Sesi dibuka oleh Kepala Prodi HI UMY ibu NurAzizah, M.Si, beliau berpesan bahwa Public Speaking sangat dibutuhkan khususnya untuk mahasiswa HI, karena yang namanya Hubungan Internasional itu harus bisa berhubungan dengan orang, dan berhubungan dengan orang itu melalui omongan.

Dalam sesi ini dibagikan bagaimana Basic Konsep tentang Public Speaking, bagaimana harus bertatap mata-suara harus seperti apa-dan hal lainnya, dibagikan pula jurus bagaimana mengurangi ketakutan dalam mengahadapi public speaking, salah satunya dengan teknik Pernafasan.

Besar harapan sesi ini bukan hanya untuk memenuhi persyaratan kelulusan, tetapi lebih dari itu dapat berdampak di masa depan khususnya.

salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.